Selasa, 17 September 2019

MENGENAL IKLIM MATAHARI

GEOPEDIA- Banyak ahli yang mengklasifikasikan iklim. Salah satunya adalah iklim matahari. Iklim matahari membagi iklim berdasarkan banyaknya panas matahari yang diterima oleh bumi.Peredaran bumi mengelilingi matahari menimbulkan pergerakan semu matahari. Akibatnya setiap daerah dibelahan bumi ini menerima panas matahari yang berbeda-beda. Di daerah katulistiwa akan memperoleh sinar matahari lebih banyak dibandingkan dengan daerah kutub.  
Sumber: https://www.thegeographeronline.net

Seperti apa sih pembagian iklim mahatari?
  1. Iklim tropis, terletak selalu tinggi dan curah hujan juga tinggi, terletak antara 23½º LU – 23½ºLS. Cirinya suhu udara selalu tinggi dan curah hujan juga tinggi.
  2. Iklim sub tropis terletak antara 23½º – 40 baik di belahan bumi utara maupun belahan bumi selatan. Cirinya tekanan udara selalu tinggi dan kering.Oleh sebab itu pada wilayah ini banyak ditemukan savana.
  3. Iklim sedang, terletak antara 40 – 66½º baik di belahan bumi utara mapun belahan bumi selatan. Cirinya daerah ini memiliki empat musim, yaitu musim panas, gugur, dingin, dan semi.
  4. Iklim dingin atau kutub, terletak antara 66½º – 90, baik di belahan bumi utara maupun belahan bumi selatan. Cirinya suhu udara sangat dingin, baik di belahan bumi utara maupun belahan bumi selatan. Cirinya suhu udara sangat dingin.
Sumber: http://wiki.sjs.org

0 komentar:

Posting Komentar