Minggu, 14 Februari 2016

MENGENAL MACAM-MACAM SESAR

GEOPEDIA- Kita sering menjumpai istilah sesar, Dalam bahasa ilmiah sesar sering disebul dengan fault sedangkan secara istilah sesar merupakan rekahan yang disebabkan oleh adanya pergeseran tubuh batuan.

Secara umum, sesar dibagi kedalam tiga kelompok yaitu sesar naik,sesar normal dan sesar mendatar. Meskipun ada juga sesar yang terbentuk karena gabungan beberapa sesar sehingga disebut sebagai sistem sesar.


Disini kita akan mempelajari berbagai macam sesar secara umum yang sering dijumpai yaitu;

1. Sesar naik

Merupakan pergeseran batuan kearah atas dari batuan asal. Pada sesar naik sudut kemiringan     lereng kecil bahkan cenderung tegak. Pada proses kejadian sesar naik ini energi yang dibutuhkan cukup besar sehingga pelapisan batuan dapat terangkat.
Ilustrasi sesar naik
Kenampakan sesar naik
2. Sesar normal

Merupakan pergeseran blok batuan kearah bawah yang disebabkan oleh adanya gaya gravitasi. Sesa ini juga sering disebut sesar ekstensi karen memanjangkan atau menipiskan kerak bumi. Pada sesar turun ini sering kita lihat pada perlapisan batuan yang nampak pada tebing yang mengalami sesar naik
Ilustrasi sesar normal

Kenampakan sesar normal
3.Sesar mendatar

Merupakan sesar yang terbentuk secara mendatar, Pada sesar ini lapisan batuan kiri bergerak berlawanan arah terhadap lapisan batuan kanan atau sebaiknya. Jika gerak mengiri disebut sinitral jika bergerak menganan disebut dekstral.

Ilustrasi sesar mendatar
Kenampakan sesar mendatar


0 komentar:

Posting Komentar