Selasa, 09 Februari 2016

MEMAHAMI ZONA LAUT MENURUT KEDALAMANNYA

 GEOPEDIA- Secara vertikal laut memiliki berbagai zona dengan berbagai karakteristiknya. Mulai dari yang dapat kita lihat saat kita mengunjungi pantai hingga yang memiliki kedalaman lebih dari 2000 m di bawah permukaan laut.

Dilihat secara vertikal laut memiliki 4 zona yaitu, Litoral, neritik, batial dan abisal. Yuk kita pelajari karakteristik masing-masing zona tersebut.

Gambar penampang zona laut (sumber:www.alamikan.com)


1. Zona Litoral
Merupakan zona yang sering kita temukan saat kita berkunjung ke pantai. Zona ini sering disebut zona pasang surut. Artinya saat laut pasang maka zona ini akan tergenang air sedangkan saat air laut surut akan menjadi pantai.
Gambar zona litoral (sumber:http://www.windows2universe.org)
2. Zona Neritik
Merupakan zona yang memiliki kedalaman kurang dari 200 m. Ciri zona ini adalah sinar matahari masih mampu menembus zona ini sehingga masih banyak di jumpai hewan dan tumbuhan laut. Zona ini juga merupakan zona berkumpulnya ikan.
Gambar zona neritik (sumber:biologikelasxx.blogspot.com)
3.Zona Batial
Merupakan zona yang memiliki kedalaman 200-1800 m. Karakteristik zona ini matahari sudah tidak mampu menembus sehingga sedikit tumbuhan pada zona ini. Untuk jenis hewan laut masih banyak ditemukan pada zona ini.

Gambar zona batial (sumber: http://encyclopedia.caledonianseashells.com)

4.Zona Abisal
Zona abisal memiliki kedalaman diatas 1800 m. Karakteristik zona ini memiliki suhu yang sangat rendah. Hanya hewan dan tumbuhan yang tahan terhadap suhu rendah yang dapat hidup pada zona ini.

Gambar zona abisal (sumber: deepseabiomebio11.blogspot.com)


1 komentar: